Kamis, 03 Maret 2016

Pemangsa Pygmy Marmoset

Jenis predator yang memangsa monyet ini tergantung pada jenis lingkungan yang ia tinggali, kebanyakan jenis burung yang bisa dengan tiba-tiba masuk ke tempat tinggal mereka. Sebut saja raptor, elang, dan rajawali yang bisa tiba-tiba masuk kedalam kanopi/tempat tinggal mereka, karena para burung ini memiliki cakar yang tajam, kecil kemungkinan monyet ini bisa menghindar.

Selain burung, ada juga ular pohon yang menjadi predatornya, apalagi ular yang berbisa yang bisa sangat mudah memangsa monyet imut ini dengan melumpuhkan mereka terlebih dahulu.

Kucing liarpun mampu memanjat tinggi ke pohon. Mereka memiliki tubuh yang mudah untuk memnjat pohon. Kucing adalah pemburu yang sangat terampil menemukan makanan mereka apalagi mangsanya tidak berdaya dan bertubuh kecil.

Salah satu cara Monyet Pygmy membela diri terhadap ular dan kucing liar adalah menempatkan sarangnya jauh dari daratan yaitu di cabang-cabang yang sangat tipis dan ringan. Mereka kecil dan ringan sehingga mereka aman di sana. Namun hewan-hewan yang lebih besar terlalu berat untuk berada di cabang-cabang pohon.


Dan yang paling terakhir adalah manusia. Manusia secara tidak sadar terus merusak habitat alami mereka. Bahkan tak jarang terdengar berita penjualan monyet jenis ini untuk dijadikan hewan peliharaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar