Jumat, 04 Maret 2016

Ciri-ciri Baboon


Baboon memiliki sifat yang bebas, melakukan apa yang mereka suka. Mereka bisa tidur di siang hari dan mencari makanan di malam hari. Mereka bisa aktif di malam hari dan tidur sepanjang hari. Mereka bahkan dapat melakukan keduanya tidur disaat makan atau makan disaat tidur. Pola yang seperti ini  kemungkinan besar terjadi untuk menyesuaikan ketersediaan makanan untuk mereka. Contohnya saja, untuk mendapatkan domba, mereka akan menyelinap keluar di malam hari ketika manusia sedang tidur.

Kelompok Baboon terdiri dari 50 – 250 anggota, mereka sangat suka berkelompok. Dengan berkelompok mereka bisa saling berkomunikasi dan menghindari yang tidak-tidak, seperti berkurangnya ketersediaan makanan- mereka bisa mencari bersama-sama, dan adanya predator- mereka bisa saling mengingatkan.


Baboon jantan mendominasi dalam suatu kelompok, dan Baboon jantan juga melindungi betina yang akan diajaknya kawin. Baboon jantan tidak mengizinkan betina untuk keluar atau menjauh dari kelompoknya.

Baboon bersosialisasi lewat kelompok yang dibuatnya, mereka melakukan sosialisasi dengan mengobrol satu sama lain, mungkin anda kan merasa aneh jika melihat mereka saling berbicara dengan nada kasar. Dari nada kasar itulah mereka berkomunikasi tentang keselamatan, tanggung jawab kelompok dan tanggung jawab merawat bayi Baboon. Baboon yang tidak bersosialisasi akan sangat sulit untuk berkembang.


Baboon jantan dalam memilih betina untuk dikawininya dengan cara berkelahi. Kadang Baboon betina juga akan berkelahi dalam memperebutkan makanan. Jika terdapat perkelahian yang sering, maka pembuat onarnya dipaksa untuk keluar dari kelompok, agar kedamaian dalam kelompok tetap terjaga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar