Jumat, 04 Maret 2016

Monyet Emas Berhidung Pesek (Rhinopithecus roxellana)


Monyet  Emas Berhidung Pesek mempunyai nama lain yaitu Pygathrix (Rhinopithecus) roxellana, R. roxellanae, monyet berhidung pesek berambut emas, monyet sichuan emas berhidung pesek, monyet daun berhidung pesek, monyet salju, jeruk monyet, Moupin lutung; rhinopithèque de roxellane; rhinopithèque doré (Perancis); lutung chato (Spanyol) dll.

Monyet berhidung pesek dari genus Rhinopithecus yang sebelumnya terdaftar sebagai subgenus dari Pygathrix tapi Groves (2001 berikut Wang et al. 1998) diangkat Rhinopithecus ke tingkat genus. Nama spesies "roxellana" mengacu pada selir atau istri Sulaiman Agung konon berhidung pesek yang terjadi pada abad ke-16 Sultan Kekaisaran Ottoman (Groves 1970).


Tubuh dan anggota badan Monyet  Emas Berhidung Pesek berwarna merah kekuningan mulai dari warna lebih coklat ke warna oranye-merah cerah. Bagian belakang dan permukaan punggung memiliki beberapa warna seperti hitam atau coklat tua, yang memanjang ke bawah ekstremitas sebagai stripe dan lebih kokoh bawah ekor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar